LIVE Update Manchester United vs Liverpool di Liga Inggris

25 Oktober 2021, 00:25 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Cover Liga Inggris, Manchester United vs Liverpool
Cover Liga Inggris, Manchester United vs Liverpool /(Grafis: Irwin Said/Skor.id)

  • Berikut ini adalah Live update Manchester United vs Liverpool.
  • Mancheser United vs Liverpool akan digelar pada malam ini atau Minggu (24/10/2021) mulai pukul 22.30 WIB.
  • Ini merupakan pertemuan ke-208 di antara kedua tim dalam semua ajang.

SKOR.id - Berikut ini adalah LIVE update Manchester United vs Liverpool, duel pada pekan ke-9 Liga Inggris 2021-2022.

Pertandingan Manchester United vs Liverpool akan digelar di kandang Manchester United, Stadion Old Trafford pada Minggu (24/10/2021) dengan kick off mulai pukul 22.30 WIB.

Laga nanti merupakan pertemuan ke-208 di antara keduanya dalam semua ajang atau akan menjadi duel ke-177 di Liga Inggris (Divisi Satu dan Liga Inggris).

Dari 207 laga sebelumnya, Manchester United masih mendominasi atas rival mereka ini. Tim Setan Merah meraih 81 kemenangan dengan 68 di antaranya di Liga Inggris.

Liverpool meraih 68 kemenangan total di semua ajang dengan 58 di antaranya di Liga Inggris.

Dari data tersebut, Manchester United memang masih unggul. Namun, fakta bahwa pertemuan terakhir ini selalu didominasi oleh The Reds.

Pada musim lalu contohnya. Liverpool tidak terkalahkan dengan satu laga di antaranya meraih kemenangan, 4-2 yang diraih di kandang Manchester United, Stadion Old Trafford.

Jelang laga ini digelar, Manchester United masih di posisi keenam klasemen sementara Liga Inggris dengan 14 poin, sedangkan Liverpool di posisi ketiga dengan 18 poin.

Karena itu, mampukah Manchester United mengubah tren buruk tersebut pada laga nanti?

Pertandingan Manchester United vs Liverpool dapat disaksikan melalui link live streaming dengan tautan berikut ini:

Link Live Streaming Manchester United vs Liverpool

Ikuti LIVE Update sepanjang laga Manchester United vs Liverpool bergulir melalui artikel ini.

Berikut ini susunan pemain kedua tim:

Dari susunan pemain yang telah ditetapkan pelatih Ole Gunnar Solskjaer, terlihat Manchester United melakukan tiga perubahan untuk laga lawan Liverpool ini.

Perubahan tersebut adalah menempatkan Marcus Rashford sebagai starter sebagai sayap kiri. Sedangkan Scott McTominay dan Fred berpasangan di lini tengah.

Ketika pemain ini tampil mengesankan saat kemenangan dramatis lawan Atalanta di Liga Champions tengah pekan lalu. Yang menarik, Paul Pogba juga menjadi cadangan di ajang ini.

Liverpool juga melakukan tiga perubahan dibandingkan laga terakhir mereka di Liga Inggris. Alisson kembali di bawah mistar, sedangkan di lini depan ada Diogo Jota sebagai starter menggantikan posisi Sadio Mane yang kini jadi cadangan.

Sedangkan Ibrahima Kanote juga tampil sebagai starter di laga ini. Sedangkan Fabinho tidak masuk dalam skuad untuk laga ini.

Manchester United berhasil memberikan ancaman di menit-menit awal laga dimulai. Berawal dari aksi Fred yang memberikan umpan terobosan.

Dari aksi ini muncul kerja sama antara Cristiano Ronaldo dan Mason Greenwood. Bruno Fernandes mendapatkan peluang dari umpan Mason Greenwood, namun tembakannya melenceng dari target pada menit ke-4.

Liverpool melakukan serangan balik. Menit kelima, Liverpool yang justru berhasil unggul. Umpan Mohamed Salah berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Naby Keita menjadi gol.

Liverpool unggul 1-0 pada menit kelima laga berjalan. Mohammed Salah menjadi pemain yang memberiakan assist dari gol tersebut.

Tidak cukup sampai di situ, Liverpool kembali melakukan tekanan memanfaatkan situasi yang terjadi di Manchester United.

Roberto Firmino yang giiran memberikan umpan jauh dan berhasil dikuasai Mohamed Salah. Penyerang asal Mesir ini kemudian melepaskan tembakan, namun bola melenceng dari sasaran.

Tertinggal satu gol membuat Manchester United berupaya mengejar. Pada menit ke-10, bermula dari tendangan gawang kiper David De Gea, Marcus Rashford mencoba melakukan tekanan.

Dari posisinya, di luar kotak pertahaan Liverpool, Marcus Rashford melepaskan tembakan mencoba mencetak gol Namun, bola tembakannya hanya nyaris menjadi gol, masih melenceng dari gawang.

Liverpool kembali berhasil memanfaatkan situasi tersebut dengan serangan balik. Pada menit ke-14, Tren-Alexander Arnold melepaskan umpan.

Bola tersebut kemudian berhasil dimanfaatkan Diogo Jota dengan meneruskannya menajdi gol. Liverpool unggul 2-0 atas Manchester United di menit ke-14 ini.

Manchester United dalam kondisi semakin dalam tekanan, mencoba untuk mencetak gol. Cristiano Ronaldo mendapatkan kesempatan pada menit ke-19 setelah memanfaatkan umpan dari Bruno Fernandes.

Tapi, bola tembakannya jauh melenceng dari gawang Liverpool. Pada menit ini pula, Naby Keita tampak terjatuh.

Wasit sempat menghentikan pertandingan dan Naby Keita mendapatkan perawatan. Bintang Liverpool ini kemudian kembali masuk ke lapangan dan pertandingan kembali dilanjutkan.

Manchester United yang dalam posisi tertinggal dua gol membangun serangan di menit ke-24. Mereka melakukan serangan balik.

Di antaranya dengan umpan silang yang diberikan Cristiano Ronaldo. Namun, bola tersebut berhasil diantisipasi bek Liverpool, Ibrahima Kanote.

Bola tersebut kemudian dimanfaatkan oleh bek kiri Manchester United, Luke Shaw yang melepaskan umpan silang, tapi pemain sayap Liverpool, Diogo Jota yang mengantisipasi bola tersebut.

Serangan intens dilakukan Manchester United pada menit ini. Luke Shaw kembali melepaskan umpan silang, namun kiper Liverpool, Alisson Becker mengamankan bola tersebut.

Gelandang Liverpool, James Milner, pada menit ke-25 mengalami cedera. Jurgen klopp menariknya dan menggantikannya dengan Curtis Jones.

Manchester United mendapatkan tendangan sudut pada menit ke-30. Luke Shaw melepaskan umpan tendangan sudut tersebut namun bola berhasil diantisipasi oleh penyerang Liverpool, Roberto Firmino.

Liverpool melakukan serangan balik dari situasi tersebut. Diogo Jota memberikan bola kepada Alexander Arnold yang kemudian melepaskan umpan silang.

Namun bola tersebut berhasil diantisipasi bek Manchester United, Harry Maguire. Bola tersebut mengarah kepada Naby Keita yang melepoaskan tembakan tapi melenceng dari gawang.

Manchester United kembali melakukan serangan balik pada menit ke-35. Aksi Bruno Fernandes yang melepaskan operan lambung, berhasil dimanfaatkan Marcus Rashford.

Di jantung pertahanan, Marcus Rashford melepaskan tembakan, namun bola mampu diamankan kiper Liverpool.

Tekanan berbalik kepada Manchester United. Liverpool kembali menambah golnya pada menit ke-38.

Berawal dari Naby Keita yang melepaskan umpan kepada Mohamed Salah, penyerang asal mesir ini kemudian melepaskan tembakan yang membuat Liverpool unggul 3-0 di Stadion Old Trafford pada menit ke-38.

Kedudukan tertinggal dengan tiga gol membuat Manchester United semakin dalam tekanan. Pada menit ke-41, Luke Shaw melakukan pelanggaran dengan menjatuhkan Mohamed Salah yang membuatnya terkena kartu kuning.

Jelang 45 menit pertama berakhir, Liverpool mengontrol pertandingan sementara pemain Manchester United tampak frustrasi, termasuk Cristiano Ronaldo.

CR7 melakukan pelanggaran terhadap Curtis Jones, wasit memberikannya kartu kuning. Hanya satu menit kemudian, tepatnya menit ke-45+2, giliran Fred yang membuat pelanggaran kepada Naby Keita.

Fred mendapatkan kartu kuning. Sebaliknya, Liverpool berhasil memanfaatkan kembali tekanan yang dialami pemain Manchester United.

Menit ke-45+5, Mohamed Salah kembali mencetak gol di laga ini. Memanfaatkan umpan Diogo Jota, Mohamed Salah mencetak gol dengan kaki kirinya.

Liverpool berhasil menggilas Manchester United di 45 menit pertama ini dengan empat gol!

Babak Kedua

Pada babak kedua, situasi semakin buruk bagi Manchester United. Meski Ole Gunnar Solskjaer telah menurunkan Paul Pogba, namun situasi tidak berubah.

Sebaliknya, Liverpool justru menambah keunggulan. Mohamed Salah mencetak gol ketiga alias hat-trick di pertandingan ini.

Pada menit ke-50, Mohamed Salah memanfaatkak umpan dari Jordan Henderson dan berhasil mencetak gol dengan kaki kirinya.

Manchester United sempat berpeluang memperkecil ketertinggalan mereka setelah Cristiano Ronaldo mencetak gol pada menit ke-52. Namun, wasit menganulir gol tersebut.

Setelah melihat VAR, wasit menyatakan bahwa Cristiano Ronaldo dalam posisi offside. Situasi tersebut semakin membuat pemain Manchester United frustrasi.

Sebaliknya, pemain Liverpool tidak terpengaruh dengan situasi tersebut. Mereka terus melakukan tekanan.

Menit ke-59, sebuah pelanggaran dilakukan oleh Paul Pogba terhadap Naby Keita. Wasit memberikan kartu kuning kepada Paul Pogba.

Namun wasit kemudian melihat VAR, dan mengubah keputusannya menjadi kartu merah kepada gelandnag asal Prancis tersebut.

Fans Manchester United pada menit ini mulai meninggalkan Stadion Old Trafford. Pelatih Ole Gunnar Solskjaer melakukan pergantian.

Menarik Bruno Fernandes dan menggantikannya dengan Edinson Cavani, Marcus Rashford digantikan dengan Diogo Dalot.

Sementara di Liverpool, Naby Keita yang mengalami cedera digantikan oleh Oxlade-Chamberlain.

Dengan keunggulan pemain, Liverpool semakin menguasai jalannya pertandingan. Mereka kembali mendapatkan peluang pada menit ke-70 melalui aksi Mohamed Salah.

Di sisi lain, pertahanan Liverpool berhasil meredam serangan balik Manchester United. Bek Ibrahima Kanote, mampu menghentikan serangan Tim Setan Merah pada menit ke-73.

Liverpool tetap memberikan tekanan kepada pertahanan Manchester United. Pada menit ke-81, Sadio Mane yang masuk menggantikan Roberto Firmino melepaskan tembakan namun bola berhasil diblok.

Manchester United hanya menguasai 38 persen penguasaan bola di menit ke-85 sedangkan Liverpool mencapai 62 persen.

Tidak ada gol tambahan di babak kedua ini. Upaya tekanan dari Manchester United selalu kandas di jantung pertahanan.

Pada menit ke-84 contohnya. Diogo Dalot melepaskan umpan silang namun bek Liverpool, Virgil van Dijk berhasil mengantisipasi ancaman tersebut.

Menit ke-90+2, Mohamed Salah memberikan umpan terobosan kepada rekan setimnya. Namun, tembakan yang dilakukan Curtis Jones diblok pemain Manchester United.

Menit ke-90+3, Cristiano Ronaldo melepaskan tembakan namun bola juga berhasil diblok. Hingga wasit meniup peluit tandang laga berakhir, kedudukan tetap untuk kemenangan Liverpool, 5-0.

Manchester United 0-5 Liverpool

Gol: 0-1 (Naby Keita, 5), 0-2 (Diogo Jota, 14), 0-3 (Mohamed Salah, 38), 0-4 (Mohamed Salah, 45), 0-5 (Mohamed Salah, 50)

Manchester United (4-2-3-1): David De Gea; Wan-Bissaka, Victor Lindeloef, Harry Maguire, Luke Shaw; Scott McTominay, Fred; Mason Greenwood/Paul Pogba (46), Bruno Fernandes/Edinson Cavani (62), Marcus Rashford/Diogo Dalot (62); Cristiano Ronaldo
Pelatih: Ole Gunnar Solskjaer

Liverpool (4-3-3): Alisson Becker; Alexander Arnold, Ibrahim Kanote, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Naby Keita/Oxlade-Chamberlain (64), Jordan Henderson, James Milner/Curtis Jones (27); Mohamed Salah, Roberto Firmino/Sadio Mane (76), Diogo Jota
Pelatih: Jurgen Klopp

Kartu kuning: Luke Shaw, Cristiano Ronaldo, Fred, Harry Maguire, Bruno Fernandes
Kartu merah: Paul Pogba
Wasit: Anthony Taylor
Stadion: Old Trafford

Berita Liga Inggris lainnya:

Prediksi Manchester United vs Liverpool: Adu Gengsi Dua Raksasa Bertabur Bintang

VIDEO: Manchester United vs Liverpool, Solskjaer Bandingan Cristiano Ronaldo dengan Mo Salah

Best Starting XI Gabungan Manchester United dan Liverpool di Era Liga Inggris

  • Sumber: BBC Sport
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga Inggris

    Sabtu, 23 Oktober 2021

    Manchester United vs Liverpool: Statistik Ole Gunnar Solskjaer vs Jurgen Klopp

    Manchester United akan menjamu Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris 2021-2022, Minggui (24/10/2021) WIB.

    Liga Inggris

    Minggu, 24 Oktober 2021

    Manchester United vs Liverpool: Para Top Scorer, Steven Gerrard dan George Wall Paling Produktif

    Berikut ini adalah pemain dengan koleksi gol terbanyak dari laga Manchester United vs Liverpool.

    Liga Inggris

    Minggu, 24 Oktober 2021

    Rapor Manchester United dan Liverpool di Liga Inggris

    Berikut ini adalah rapor Manchester United dan Liverpool di Liga Inggris musim 2021-2022.

    Terbaru

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Carlos Cuesta, Mantan Pemain Atlético yang Bersembunyi di Balik Sukses Arsenal

    Siapa Carlos Cuesta? Pemain berusia 27 tahun asal Spanyol ini merupakan bagian dari staf kepelatihan Arteta. Perannya, menurut 'The Sun', bisa disebut 'Individual Development Coach'.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Pep Guardiola: Mikel Arteta Bisa Jadi Pelatih Manchester City jika Saya Pergi

    Jelang bentrokan Manchester vs Arsenal, Pep Guardiola mengatakan bahwa Mikel Arteta bisa saja menjadi penerusnya jika memilih bertahan di Etihad.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Koneksi Mikel Arteta dan Pep Guardiola, Berawal dari Akademi dan Minta Informasi

    Berawal dari akademi dan minta informasi, Mikel Arteta dan Pep Guardiola punya koneksi kuat di sepak bola.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Leeds United Ogah Naikkan Tawaran untuk Gelandang Juventus Weston McKennie

    Negosiasi antara Leeds United dengan Juventus untuk Weston McKennie kabarnya terganjal masalah harga.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Prediksi dan Link Live Streaming Manchester City vs Arsenal di Piala FA

    Berikut ini prediksi dan link live streaming Manchester City vs Arsenal pada pertandingan lanjutan Piala FA.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Pep Guardiola Paham Mengapa Mikel Arteta Tinggalkan Manchester City Demi Arsenal

    Pep Guardiola membahas tentang mantan asistennya di Manchester City, Mikel Arteta yang kini mengarsiteki Arsenal.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Wout Weghorst Cetak Gol Perdana untuk Manchester United, Frenkie de Jong Beri Selamat

    Frenkie de Jong memberi selamat kepada Wout Weghorst yang baru saja mencetak gol pertamanya untuk Manchester United.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Dua Bulan Tanpa Kemenangan, Kolo Toure Dipecat Wigan

    Kolo Toure dipecat oleh Wigan setelah hanya dua bulan bertugas.

    Liga Inggris

    Jumat, 27 Januari 2023

    Joelinton Didenda Rp542 Juta karena Mengemudi dalam Keadaan Mabuk

    Joelinton dari Newcastle United mengaku mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Dia dihukum dengan denda £29.000 atau sekitar Rp542 juta dan larangan mengemudi.

    Liga Inggris

    Kamis, 26 Januari 2023

    VIDEO: John Stones Puji Rekan Setim setelah Manchester City Menang lawan Wolves

    Berikut ini komentar bek Manchester City, John Stones, terkait kemenangan atas Wolverhampton Wanderers.
    X