10 Laga Tidak Terlupakan Liverpool vs Manchester United

19 April 2022, 23:40 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan gol yang diciptakannya dalam laga lawan Manchester United, Minggu (24/10/2021) malam WIB.
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, merayakan gol yang diciptakannya dalam laga lawan Manchester United, Minggu (24/10/2021) malam WIB. /(Twitter/Liverpool FC)

SKOR.id - Liverpool vs Manchester United akan digelar malam ini atau Rabu (20/4/2022) pukul 02.00 WIB.

Rivalitas keduanya menjadi salah satu yang terbesar dalam sejarah sepak bola dunia.

Panasnya duel dua klub ini eperti halnya Real Madrid vs Barcelona, Inter Milan vs Juventus, atau Bayern Munchen vs Borussia Dortmund.

Liverpool vs Manchester Untied atau sebaliknya menjadi persaingan yang memiliki sejarah yang panjang.

Mereka bukanlah dua klub sekota tapi ini pula yang menjadi salah satu faktor sangat menarik.

Dalam hampir 10 tahun, situasinya memang tidak sama lagi. Liverpool kini justru menjadi tim yang selalu mampu memperlihatkan kekuatan mereka.

Sebaliknya, Manchester United sejak ditinggal Sir Alex Ferguson, belum pernah lagi mampu bangkit.

Namun, rivalitas Liverpool-Man United begitu sengit karena keduanya sama-sama mendaku diri sebagai klub tersukses Inggris, khususnya di Liga Inggris (Premier League).

Manchester United, total telah meraih 20 gelar di kompetisi level tertinggi sepak bola Inggris ini. Namun, gelar terakhir yang mereka raih terjadi pada 2012-2013 silam,

Sedangkan Liverpool total telah meraih 19 gelar Liga Inggris, terakhir mereka raih pada 2019-2020.

Karena itu, satu gelar lagi akan membuat The Reds menyamai torehan Manchester United di ajang ini.

Di sisi lainm, dalam ranah ajang Eropa,The Reds langsung membungkam sang rival ketika bicara trofi Liga Champions, enam berbanding tiga.

Dalam rivalitas yang sudah berjalan lebih dari seabad ini, kedua tim telah melakoni 208 pertandingan kompetitif.

Man United unggul dengan 81 kemenangan, berbanding 69 milik Liverpool. Sementara, 58 duel lainnya berakhir sama kuat.

Tak terhitung banyaknya pertarungan menarik dan penuh kontroversi yang tersaji antara kedua tim.

Namun, kali ini, Skor.id kembali menampilkan lima di antaranya, yang menggambarkan dengan apik warna-warni North West Derby:

1. Manchester United 2-1 Liverpool, 21 Mei 1977

Inilah pertemuan perdana dua rival bebuyutan di final turnamen, tepatnya Piala FA 1977. Liverpool saat itu jadi unggulan karena performa fantastis mereka sepanjang musim.

Tim asuhan Bob Paisley sudah memastikan gelar Liga Inggris dan siap menambah sukses dengan Piala Champions (yang akan mereka menangkan empat hari berselang).

Manchester United saat merayakan gelar Piala FA 1977 di Stadion Wembley.
Manchester United saat merayakan gelar Piala FA 1977 di Stadion Wembley. (Twitter/BBC Radio Manchester)

Jika mampu membungkam Man United di Wembley, mereka bakal muncul sebagai klub Inggris pertama yang berhasil mengoleksi tiga trofi dalam semusim (treble).

Namun, kenyataan di lapangan berbeda. Dua gol Setan Merah melalui Stuart Pearson dan Jimmy Greenhoff, hanya bisa dibalas sekali oleh Liverpool lewat Jimmy Case.

The Reds akhirnya harus mengubur impian mencetak rekor treble, yang ironisnya berhasil dicapai Man United 22 tahun berselang.

2. Liverpool 3-3 Manchester United, 4 Januari 1994

Man United datang sebagai juara bertahan Liga Inggris setelah memenangkan gelar perdana mereka dalam 26 tahun.

Inilah awal pergeseran dominasi dari Liverpool kepada Setan Merah. Jelang duel ini, pasukan Sir Alex Ferguson merangkai 17 laga tak terkalahkan di liga, unggul 21 poin dari sang rival di puncak klasemen.

Tak heran bila mereka mampu unggul 3-0 dalam waktu 25 menit, meski tampil di Anfield. Steve Bruce, Ryan Giggs, dan Denis Irwin jadi pencetak gol Man United saat itu.

Namun, dukungan puluhan ribu suporter mampu membangkitkan semangat para pemain The Reds untuk menciptakan salah satu comeback terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Ketika pertandingan menyisakan 11 menit, Liverpool memberi tiga pukulan telak ke wajah sang rival. Dobel gol Nigel Clough disempurnakan sundulan bek Neil Ruddock.

3. Manchester United 1-0 Liverpool, 22 Januari 2006

Laga ini menggambarkan dengan tepat rivalitas Manchester United versus Liverpool. Ketat, panas, diwarnai emosi dan kontroversi.

Liverpool sebenarnya mendominasi duel di Old Trafford tersebut, dengan beberapa peluang emas dari Djibril Cisse dan Peter Crouch. Namun, tim asuhan Rafael Benitez tak bisa memaksimalkan momentum.

Sebaliknya, Man United, meski dihantui badai cedera, mampu menjaga kesolidan dan disiplin. Mereka akhirnya melesakkan gol penentu kemenangan lewat sundulan Rio Ferdinand di menit ke-90.

Namun, bukan Ferdinand yang jadi headline keesokan harinya, melainkan sang kapten Gary Neville.

Bek kanan asal Inggris itu berlari separuh lapangan untuk merayakan gol kemenangan Man United di hadapan para suporter Liverpool yang marah.

Atas aksi provokatifnya tersebut, Neville dijatuhi denda oleh FA. Namun, ketika ditanya apakah menyesal, dia menjawab santai, "Saya akan membayar lagi 100 kali lipat."

4. Liverpool 2-0 Manchester United, 25 Oktober 2009

Dalam laga ini akan diingat sebagai salah satu laga yang banjir kartu. Total ada sembilan kartu dengan dua di antaranya termasuk kartu merah dikeluarkan wasit Andre Marriner.

Liverpool kehilangan Javier Mascherano sedangkan Manchester United kehiangan Nemanja Vidic.

Namun kartu merah tersebut diberikan jelang laga akan berakhir ketika pertandingan yang makin panas.

Kartu kuning juga diberikan kepada Jamie Carragher, Patrice Evra, Demitar Berbatov.

Di laga ini, Liverpool menang 2-0 melalui gol yang diciptakan Fernando Torres dan David N'Gog.

5. Manchester United 1-4 Liverpool, 14 Maret 2009

Inilah penampilan terbaik Liverpool di Old Trafford, membuat sang rival tak berkutik dan malu di hadapan pendukung sendiri.

Setan Merah sempat unggul lebih dulu lewat penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-23. Namun, setelah itu, mereka tak bisa berbuat banyak menghadapi tekanan luar biasa dari Liverpool.

Diawali blunder Nemanja Vidic yang membuat Fernando Torres leluasa menyamakan kedudukan, Liverpool kemudian berbalik unggul melalui penalti Steven Gerrard.

Situasi kian suram bagi Man United ketika Vidic menerima kartu merah di babak kedua pasca melanggar Gerrard.

Dari insiden tersebut, tendangan bebas Fabio Aurelio sukses bersarang mulus ke gawang Edwin van der Sar.

Tapi The Reds tak puas cuma unggul 3-1. Di menit ke-90, pemain pengganti Andrea Dossena melengkapi pesta dengan tendangan lob manis ke gawang rival.

Liverpool meninggalkan Old Trafford setelah berhasil membuat Man United menelan kekalahan kandang terburuk dalam 17 tahun.

6. Liverpool 1-2 Manchester United, 22 Maret 2015

Salah satu momen paling memalukan dalam karier hebat Steven Gerrard bersama Liverpool. Dia menerima kartu merah hanya dalam 38 detik setelah masuk lapangan sebagai pemain pengganti.

Ironisnya, laga ini merupakan kesempatan terakhir sang kapten membela Liverpool melawan Man United. Gerrard mengumumkan bakal hengkang dari Anfield ketika kontraknya habis pada akhir musim.

Namun, Man United tidak peduli. Tak ada waktu untuk jadi sentimental dalam duel sengit sepak bola.

Tim asuhan Louis Van Gaal tampil menyerang sejak awal dan mampu mengontrol pertandingan. Dua gol pembuka Juan Mata jadi bukti dominasi.

Playmaker asal Spanyol itu melepaskan tembakan kaki kanan buat gol pertama, sebelum melakukan tendangan akrobatik fantastis untuk mengunci kemenangan Setan Merah.

Daniel Sturridge mampu memperkecil ketinggalan Liverpool saat laga menyisakan 20 menit, tapi itu tak lebih dari gol hiburan.

7. Liverpool 0-1 Manchester United, 17 Januari 2016

Laga yang digelar di kandang Liverpool, Stadion Anfield, ditentukan oleh gol yang diciptakan Wayne Rooney.

Penyerang Manchester United tersebut menorehkan gol pada menit ke-79 setelah sepanjang menit sebelumnya imbang tanpa gol.

Inilah momen ketika Wayne Rooney mencetak gol ke gawang Liverpool pada 2016.
Inilah momen ketika Wayne Rooney mencetak gol ke gawang Liverpool pada 2016. (Twitter/Red Reveal)

Pada pertandingan ini, kemenangan Manchester United menambah rapor buruk Manchester United yang tidak menjadi tidak pernah menang dalam tiga laga beruntun.

Kemenangan Manchester United di laga ini sekaligus menandai kemenangan Manchester Untied terakhir di kandang Liverpool, Stadion Anfield.

Karena setelah itu, Manchester United tidak pernah lagi meraih kemenangan di kandang The Reds, hingga kini.

8. Liverpool 2-0 Manchester United, 19 Januari 2020

Laga ini juga pantas dimasukkan dalam daftar duel seru dan tidak terlupakan, khususnya bagi Liverpool dan pendukungnya.

Karena di musim inilah, momen ketika Liverpool akhirnya sukses mengakhiri penantian gelar mereka.

Di akhir musim, Liverpool tampil sebagai juara Liga Inggris 2019-2020. Gelar ini mengakhiri penantian trofi Liga Inggris selama hampir 30 tahun.

Pada laga ini, dua gol Liverpool diciptakan bek Virgil van Dijk pada menit ke-14 dan satu gol lagi dari Mohamed Salah mennit ke-90+4.

9. Manchester United 2-4 Liverpool, 13 Mei 2021

Laga ini diawali dengan gol yang diciptakan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes ketika laga memasuki menit ke-10.

Namun, Liverpool tidak menyerah. Diogo Jota menyamakan kedudukan pada menit ke-34.

Setelah itu, Roberto Firmino membuat kejaiban dengan mencetak dua gol. Gol pertama di babak pertama akan berakhir, menit ke-45.

Sedangkan gol kedua saat babak kedua dimulai, menit ke-47. Mohamed Salah melengkapi kemenangan Liverpool lewat gol menit ke-90.

Sedangkan Manchester United hanya bisa menambah satu gol lagi dari Marcus Rashford pada menit ke-68.

10. Manchester United 0-5 Liverpool, 24 Oktober 2021

Ini menjadi duel terakhir di antara kedua tim. Manchester United masih di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer dalam grafik yang naik dan turun.

Pada pertandingan ini, Liverpool langsung memperlihatkan siapa yang terbaik lewat gol yang mereka ciptakan ketika laga baru berjalan lima menit.

Gol tersebut ditorehkan oleh Naby Keita. Lalu hanya empat menit kemudian, Liverpool kembali menambah gol dari aksi Diogo Jota.

Setelah itu, momen hat-trick Mohamed Salah pada menit ke-38, 45, dan 50, menjadi pukulan yang semakin telak.

Ya, Liverpool berhasil menang dengan lima gol tanpa balas, mempermalukan Manchester United di hadapan pendukung mereka sendiri, di Old Trafford.

Head to Head Liverpool - Manchester United
Head to Head Liverpool - Manchester United (Grafis Yusuf/Skor.id)

Berita Liga Inggris lainnya:

Manchester United Tidak Pernah Menang di Anfield dalam Enam Tahun

Liverpool vs Manchester United: Sedang Berduka, Cristiano Ronaldo Dipastikan Absen

Liverpool vs Manchester United: Prediksi dan Link Live Streaming

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga Inggris

    Selasa, 19 April 2022

    Sedang Berkabung, Ronaldo Diprediksi Absen di Laga Man United vs Liverpool, Ini Penggantinya

    Cristiano Ronaldo diprediksi absen pada laga tunda pekan ke-30 Liga Inggris karena sedang berkabung.

    Liga Inggris

    Selasa, 19 April 2022

    Liverpool vs Manchester United: Prediksi dan Link Live Streaming

    Dari 177 pertemuan di Liga Inggris, Setan Merah unggul dengan meraih 68 kemenangan.

    Liga Inggris

    Selasa, 19 April 2022

    Liverpool vs Manchester United: Tanpa Cristiano Ronaldo, Ini 5 Duel yang Dinantikan

    Berikut ini merupakan lima duel pemain yang dinantikan di laga Liverpool vs Manchester United, Rabu (20/4/2022) dini hari WIB.

    Liga Inggris

    Selasa, 19 April 2022

    Liverpool vs Manchester United: Ralf Rangnick Masih Unggul atas Jurgen Klopp

    Jurgen Klopp akan bentrok pertama kali dengan Ralf Rangnick di Liga Inggris, setelah sebelumnya dua pelatih ini sering bertempur di Liga Jerman.

    Terbaru

    Liga Inggris

    Rabu, 1 Februari 2023

    Gabung Arsenal, Jorginho Jadi Pemain Italia Keempat yang Bela The Gunners

    Arsenal dan Chelsea diperkirakan segera mengkonfirmasi kepindahan Jorginho ke Stadion Emirates.

    Liga Inggris

    Rabu, 1 Februari 2023

    Christian Eriksen Cedera, Manchester United Datangkan Marcel Sabitzer dari Bayern Munchen

    Manchester United segera datangkan Marcel Sabitzer dari Bayern Munchen dengan status pinjaman.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Sedang Bagus di Brighton, Roberto De Zerbi Bicara soal Kembali ke Italia

    Roberto De Zerbi membahas soal kembali ke Italia di tengah performa apiknya bersama Brighton & Hove Albion.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Hari Terakhir Bursa Transfer, Manchester United Dikaitkan dengan Pemain Barcelona

    Manchester United dikaitkan dengan salah satu pemain Barcelona jelang ditutupnya bursa transfer Januari 2023.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Arsenal Pinjamkan Marquinhos ke Tim Kasta Kedua Liga Inggris Sampai Akhir Musim 2022-2023

    Arsenal resmi meminjamkan Marquinhos ke tim divisi Championship Liga Inggris sampai akhir musim ini.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Inter Milan Minati Kapten Manchester United Harry Maguire

    Kapten Manchester United, Harry Maguire, tak mendapat banyak kesempatan tampil dan kemampuannya diminati raksasa Liga Italia, Inter Milan.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Hasil Undian Piala FA: Man United Jamu West Ham, Man City Lawan Tim Kasta Kedua

    Berikut ini adalah hasil undian putaran kelima Piala FA 2022-2023, termasuk Manchester United dan Manchester City.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    10 Klub Antre Dapatkan Pilar Manchester United, Anthony Elanga

    Anthony Elanga tengah menjadi buruan setidaknya 10 tim Eropa yang berminat memakai jasanya, setelah dia tak mendapat banyak menit bermain di Manchester United.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Debat Panas dengan Pep Guardiola Jadi Penyebab Joao Cancelo Didepak Manchester City

    Alasan keputusan Manchester City melepas Joao Cancelo ke Bayern Munchen secara mendadak terkuak. Hubungannya dengan Pep Guardiola dikabarkan memanas.

    Liga Inggris

    Selasa, 31 Januari 2023

    Gelandang Chelsea Hakim Ziyech Merapat ke PSG

    PSG dikabarkan dalam pembicaran lebih lanjut untuk merekrut gelandang Chelsea, Hakim Ziyech.
    X