10 Duel Tidak Terlupakan Manchester United vs Liverpool

22 Agustus 2022, 08:45 WIB
Penulis: Irfan Sudrajat
Editor: Irfan Sudrajat
Cover MU-Liverpool
Cover MU-Liverpool /(Grafis Yusuf/Skor.id)

SKOR.id - Manchester United dan Liverpool bakal bertarung malam ini atau Selasa (23/8/2022) dini hari WIB.

Ini akan menjadi duel ke-210 kedua tim di semua ajang. Dari 209 duel sebelumnya, Manchester United meraih 81 kemenangan, Liverpool 70 kemenangan, dengan 58 laga lainnya berakhir imbang.

Khusus di liga, ini menjadi duel ke-179 antara keduanya. Manchester United masih memegang rekor terbaik dari 178 pertemuan sebelumnya.

Tim Setan Merah meraih 68 kemenangan, Liverpool 60 kemenangan, dan 50 laga lainnya berakhir imbang.

Dari total 209 laga, tentu saja banyak duel terbaik, seru, dan dramatis. Namun, setidaknya ada 10 pertandingan terbaik yang tidak akan terlupakan oleh kedua tim.

Skor.id merangkum 10 duel terbaik antara Manchester United vs Liverpool atau sebaliknya dalam sejarah kedua tim ini. Berikut laga-laga tersebut:

1. Manchester United 2-1 Liverpool, 21 Mei 1977

Inilah pertemuan perdana dua rival bebuyutan di final turnamen, tepatnya Piala FA 1977. Liverpool saat itu jadi unggulan karena performa fantastis mereka sepanjang musim.

Tim asuhan Bob Paisley sudah memastikan gelar Liga Inggris dan siap menambah sukses dengan Piala Champions (yang akan mereka menangkan empat hari berselang).

Jika mampu membungkam Man United di Wembley, mereka bakal muncul sebagai klub Inggris pertama yang berhasil mengoleksi tiga trofi dalam semusim (treble).

Namun, kenyataan di lapangan berbeda. Dua gol Setan Merah melalui Stuart Pearson dan Jimmy Greenhoff, hanya bisa dibalas sekali oleh Liverpool lewat Jimmy Case.

The Reds akhirnya harus mengubur impian mencetak rekor treble, yang ironisnya berhasil dicapai Man United 22 tahun berselang.

2. Liverpool 3-3 Manchester United, 4 Januari 1994

Man United datang sebagai juara bertahan Liga Inggris setelah memenangkan gelar perdana mereka dalam 26 tahun.

Inilah awal pergeseran dominasi dari Liverpool kepada Setan Merah. Jelang duel ini, pasukan Sir Alex Ferguson merangkai 17 laga tak terkalahkan di liga, unggul 21 poin dari sang rival di puncak klasemen.

Tak heran bila mereka mampu unggul 3-0 dalam waktu 25 menit, meski tampil di Anfield. Steve Bruce, Ryan Giggs, dan Denis Irwin jadi pencetak gol Man United saat itu.

Namun, dukungan puluhan ribu suporter mampu membangkitkan semangat para pemain The Reds untuk menciptakan salah satu comeback terbaik dalam sejarah Liga Inggris.

Ketika pertandingan menyisakan 11 menit, Liverpool memberi tiga pukulan telak ke wajah sang rival. Dobel gol Nigel Clough disempurnakan sundulan bek Neil Ruddock.

3. Manchester United 1-0 Liverpool, 22 Januari 2006

Laga ini menggambarkan dengan tepat rivalitas Manchester United versus Liverpool. Ketat, panas, diwarnai emosi dan kontroversi.

Liverpool sebenarnya mendominasi duel di Old Trafford tersebut, dengan beberapa peluang emas dari Djibril Cisse dan Peter Crouch. Namun, tim asuhan Rafael Benitez tak bisa memaksimalkan momentum.

Sebaliknya, Man United, meski dihantui badai cedera, mampu menjaga kesolidan dan disiplin. Mereka akhirnya melesakkan gol penentu kemenangan lewat sundulan Rio Ferdinand di menit ke-90.

Namun, bukan Ferdinand yang jadi headline keesokan harinya, melainkan sang kapten Gary Neville.

Bek kanan asal Inggris itu berlari separuh lapangan untuk merayakan gol kemenangan Man United di hadapan para suporter Liverpool yang marah.

Atas aksi provokatifnya tersebut, Neville dijatuhi denda oleh FA. Namun, ketika ditanya apakah menyesal, dia menjawab santai, "Saya akan membayar lagi 100 kali lipat."

4. Liverpool 2-0 Manchester United, 25 Oktober 2009

Dalam laga ini akan diingat sebagai salah satu laga yang banjir kartu. Total ada sembilan kartu dengan dua di antaranya termasuk kartu merah dikeluarkan wasit Andre Marriner.

Liverpool kehilangan Javier Mascherano sedangkan Manchester United kehiangan Nemanja Vidic.

Namun kartu merah tersebut diberikan jelang laga akan berakhir ketika pertandingan yang makin panas.

Kartu kuning juga diberikan kepada Jamie Carragher, Patrice Evra, Demitar Berbatov.

Di laga ini, Liverpool menang 2-0 melalui gol yang diciptakan Fernando Torres dan David N'Gog.

5. Manchester United 1-4 Liverpool, 14 Maret 2009

Inilah penampilan terbaik Liverpool di Old Trafford, membuat sang rival tak berkutik dan malu di hadapan pendukung sendiri.

Setan Merah sempat unggul lebih dulu lewat penalti Cristiano Ronaldo di menit ke-23. Namun, setelah itu, mereka tak bisa berbuat banyak menghadapi tekanan luar biasa dari Liverpool.

Diawali blunder Nemanja Vidic yang membuat Fernando Torres leluasa menyamakan kedudukan, Liverpool kemudian berbalik unggul melalui penalti Steven Gerrard.

Situasi kian suram bagi Man United ketika Vidic menerima kartu merah di babak kedua pasca melanggar Gerrard.

Dari insiden tersebut, tendangan bebas Fabio Aurelio sukses bersarang mulus ke gawang Edwin van der Sar.

Tapi The Reds tak puas cuma unggul 3-1. Di menit ke-90, pemain pengganti Andrea Dossena melengkapi pesta dengan tendangan lob manis ke gawang rival.

Liverpool meninggalkan Old Trafford setelah berhasil membuat Man United menelan kekalahan kandang terburuk dalam 17 tahun.

6. Liverpool 1-2 Manchester United, 22 Maret 2015

Salah satu momen paling memalukan dalam karier hebat Steven Gerrard bersama Liverpool. Dia menerima kartu merah hanya dalam 38 detik setelah masuk lapangan sebagai pemain pengganti.

Ironisnya, laga ini merupakan kesempatan terakhir sang kapten membela Liverpool melawan Man United. Gerrard mengumumkan bakal hengkang dari Anfield ketika kontraknya habis pada akhir musim.

Namun, Man United tidak peduli. Tak ada waktu untuk jadi sentimental dalam duel sengit sepak bola.

Tim asuhan Louis Van Gaal tampil menyerang sejak awal dan mampu mengontrol pertandingan. Dua gol pembuka Juan Mata jadi bukti dominasi.

Playmaker asal Spanyol itu melepaskan tembakan kaki kanan buat gol pertama, sebelum melakukan tendangan akrobatik fantastis untuk mengunci kemenangan Setan Merah.

Daniel Sturridge mampu memperkecil ketinggalan Liverpool saat laga menyisakan 20 menit, tapi itu tak lebih dari gol hiburan.

7. Liverpool 0-1 Manchester United, 17 Januari 2016

Laga yang digelar di kandang Liverpool, Stadion Anfield, ditentukan oleh gol yang diciptakan Wayne Rooney.

Penyerang Manchester United tersebut menorehkan gol pada menit ke-79 setelah sepanjang menit sebelumnya imbang tanpa gol.

Pada pertandingan ini, kemenangan Manchester United menambah rapor buruk Manchester United yang tidak menjadi tidak pernah menang dalam tiga laga beruntun.

Kemenangan Manchester United di laga ini sekaligus menandai kemenangan Manchester Untied terakhir di kandang Liverpool, Stadion Anfield.

Karena setelah itu, Manchester United tidak pernah lagi meraih kemenangan di kandang The Reds, hingga kini.

8. Liverpool 2-0 Manchester United, 19 Januari 2020

Laga ini juga pantas dimasukkan dalam daftar duel seru dan tidak terlupakan, khususnya bagi Liverpool dan pendukungnya.

Karena di musim inilah, momen ketika Liverpool akhirnya sukses mengakhiri penantian gelar mereka.

Di akhir musim, Liverpool tampil sebagai juara Liga Inggris 2019-2020. Gelar ini mengakhiri penantian trofi Liga Inggris selama hampir 30 tahun.

Pada laga ini, dua gol Liverpool diciptakan bek Virgil van Dijk pada menit ke-14 dan satu gol lagi dari Mohamed Salah mennit ke-90+4.

9. Manchester United 2-4 Liverpool, 13 Mei 2021

Laga ini diawali dengan gol yang diciptakan gelandang Manchester United, Bruno Fernandes ketika laga memasuki menit ke-10.

Namun, Liverpool tidak menyerah. Diogo Jota menyamakan kedudukan pada menit ke-34.

Setelah itu, Roberto Firmino membuat kejaiban dengan mencetak dua gol. Gol pertama di babak pertama akan berakhir, menit ke-45.

Sedangkan gol kedua saat babak kedua dimulai, menit ke-47. Mohamed Salah melengkapi kemenangan Liverpool lewat gol menit ke-90.

Sedangkan Manchester United hanya bisa menambah satu gol lagi dari Marcus Rashford pada menit ke-68.

10. Manchester United 0-5 Liverpool, 24 Oktober 2021

Ini duel musim lalu di antara kedua tim. Manchester United masih di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer dalam grafik yang naik dan turun.

Pada pertandingan ini, Liverpool langsung memperlihatkan siapa yang terbaik lewat gol yang mereka ciptakan ketika laga baru berjalan lima menit.

Gol tersebut ditorehkan oleh Naby Keita. Lalu hanya empat menit kemudian, Liverpool kembali menambah gol dari aksi Diogo Jota.

Setelah itu, momen hat-trick Mohamed Salah pada menit ke-38, 45, dan 50, menjadi pukulan yang semakin telak.

Ya, Liverpool berhasil menang dengan lima gol tanpa balas, mempermalukan Manchester United di hadapan pendukung mereka sendiri, di Old Trafford.

Kemenangan itu semakin lengkap pula ketika Liverpool juga menang di pertemuan kedua, 4-0, pada 19 April 2022 lalu, dua gol di antaranya diciptakan Mohamed Salah.

Berita Liga Inggris lainnya:

Prediksi dan Link Live Streaming Manchester United vs Liverpool

Hasil Leeds United vs Chelsea: Edouard Mendy Blunder, The Blues Kalah 0-3

VIDEO: Virgil van Dijk Pasang Target bersama Liverpool dan Timnas Belanda

 

  • Sumber: Skor.id
  • Tag

    Video

    Berita Terkait

    Liga Inggris

    Senin, 22 Agustus 2022

    Manchester United vs Liverpool: Para Mesin Gol dalam Duel Klasik

    Berikut ini pencetak gol terbanyak dari laga klasik antara Manchester United vs Liverpool.

    Liga Inggris

    Senin, 22 Agustus 2022

    Hasil Newcastle United vs Manchester City: Imbang 3-3, The Citizens Gagal Samai Poin Arsenal

    Manchester City harus puas dengan satu poin setelah diimbangi Newcastle United pada pekan ketiga Liga Inggris (Premier League) 2022-2023 di St. James' Park.

    Liga Inggris

    Senin, 22 Agustus 2022

    Hasil dan Klasemen Liga Inggris: Chelsea Dipermalukan Leeds United, Manchester City Tertahan

    Chelsea dan Manchester City mendapatkan hasil yang kurang memuaskan pada pertandingan lanjutan Liga Inggris 2022-2023.

    Liga Inggris

    Senin, 22 Agustus 2022

    Prediksi dan Link Live Streaming Manchester United vs Liverpool

    Berikut ini adalah prediksi dan link live streaming pertandingan Liga Inggris antara Manchester United vs Liverpool.

    Terbaru

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    Graham Potter Yakin Chelsea Tidak Buang-buang Uang untuk Enzo Fernandez

    Graham Potter yakin kualitas Enzo Fernandez yang diboyong dengan harga mahal dapat memberi perbedaan untuk Chelsea.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    VIDEO: Jorginho Tak Sabar untuk Perkuat Arsenal

    Cuplikan video saat Jorginho melakoni wawancara pertamanya sebagai pemain Arsenal.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    Gabriel Martinelli Ekstensi Kontrak di Arsenal sampai 2027

    Arsenal mengumumkan bahwa Gabriel Martinelli telah menyepakati kontrak jangka panjang yang kabarnya sampai tahun 2027.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    VIDEO: Erik ten Hag Sebut Newcastle Diuntungkan pada Final Piala Liga Inggris

    Berikut ini video pernyataan pelatih Manchester United, Erik ten Hag, mengenai final Piala Liga Inggris vs Newcastle United.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    Darwin Nunez Mengaku Kesulitan di Liverpool, Minta Saran dari Luis Suarez

    Darwin Nunez memanfaatkan pengalaman Luis Suarez di Liverpool sebagai motivasi baginya melalui periode sulit.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    5 Pembelian yang Lebih Mahal dari Enzo Fernandez ke Chelsea

    Berikut ini lima pemain yang dibeli dengan biaya lebih mahal dibandingkan Enzo Fernandez ke Chelsea.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    Prediksi dan Link Live Streaming Chelsea vs Fulham di Liga Inggris

    Berikut ini prediksi dan link live streaming pertandingan Chelsea vs Fulham di Liga Inggris 2022-2023.

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    VIDEO: Erik Ten Hag tentang Bawa Manchester United Lolos ke Final Carabao Cup

    Video komentar Erik ten Hag usai bawa Manchester United lolos ke final Carabao Cup

    Liga Inggris

    Jumat, 3 Februari 2023

    Prediksi dan Link Live Streaming Real Madrid vs Valencia di Liga Spanyol

    Real Madrid akan menjamu Valencia dalam laga lanjutan Liga Spanyol 2022-2023 pada Jumat dini hari WIB.

    Liga Inggris

    Kamis, 2 Februari 2023

    Erik ten Hag Beri Penjelasan Mengapa Rekrut Marcel Sabitzer ke Manchester United

    Erik ten Hag menjelaskan alasannya mendatangkan Marcel Sabitzer ke Manchester United.

    Terpopuler Satu Pekan

    Keyword Populer

    Sepak Pojok

    X